Rabu, 18 Desember 2019

TIPS PENGISIAN NILAI HARIAN DAN AKHIR (ARD) APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH 100 % MANTUL


TUTORIAL PENGISIAN BELANGKO NILAI APLIKASI RAPORT DIGITAL (ARD)

Selamat malam bapak/ibu guru diseluruh Indonesia, terutama guru MADRASAH .. semoga setiap detik waktu yang kita lalui dalam mengajar menjadi amal jariah kita. Aminn..
Oke kali ini pahlawanguru akan mencoba membagi ilmu mengenai pengisian belangko nilai Aplikasi Raport Digital ( ARD) . jadi bagi guru madrasah wajib tahu nih tips dan trick nya. Yuk di praktekan . .
1.       Pastikan kita sudah mempunyai nilai PAS (Penilaian Akhir Semester) dan juga NH (Nilai Harian) untuk nantinya kita imputkan.
2.       Pastikan sudah mendownload aplikasi Nilai Harian dan Nilai Akhir dalam format Excel dari akun ARD masing masing guru. Seperti ini dibawah contohnya . . A – F merupakan kelasnya.
a.       Nilai Harian
b.      Nilai Akhir
3.       Selanjutnya isi nilai harian sesuai dengan nilai bapak ibu guru ya
4.       Masukan materi pada kolom materi untuk materi yang telah dipelajari. INGAT jangan menggunakan tanda petik dan sejenisnya dan gunakanlah huruf kecil.
5.       Setelah selesai buka aplikasi NILAI AKHIR
6.       Nilai PAS diambil dari nilai UJIAN AKHIR SEMESTER sedangkan untuk depskripsi kita bias menggunakan aplikasi tambahan yaitu :
Aplikasi ini digunakan untuk mengcopy deskripsi, rata rata nilai praktek dan juga deskripsi kemampuan
7.       Ini tampilan aplikasinya silahkan di isi sesuai data dan fakta
8.       Adapun cara mengisinya :
a.       Isi terlebih dahulu KKMnya sesuaikan dengan kesepakatan sekolah masing masing dan sesuai dengan pengaturan KKM yang ada di raport ARD nya jangan sampai gak singkron yah . . kalau di aplikasi ini merubahnya di sheet ke 2
b.      Isikan Mata pelajaran masing masing
c.       Copy nama siswa dari data siswa nilai harian.
d.      Isikan materi pada kolom KD sesuai kan dengan materi pelajaran masing masing dan sesuai dengan materi Nilai Harian
e.      Copy nilai dari Nilai Harian ke aplikasi ini lengkap sesuai dengan nilai haian. Ingat HARUS sesuai dan juga nilai PAS nya yang di ambil dari nilai akhir
f.        Setelah BALACE silahkan copy deskripsi ke Nilai Akhir bagian pengetahuan kemudian rata rata  keterampilan ke kolom nilai keterampilan di NILAI akhir dan copy deskripsi nilai keterampilan ke nilai Akhir. Selesai selamat mencoba begitu seterusnya.. dijamin sekali upload muncul nilainya lengkappppp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar